Belajar Berbahasa Inggris dari Youtube

Untuk Bahasa Inggris, aku lemah banget dalam hal mendengarkan (listening) dan bicara (speaking, conversation). Kalau membaca dan menulis, aku tidak ada masalah sama sekali. Di kantor, setiap hari selalu menulis dan membaca email dalam bahasa Inggris. Di pekerjaanku sebagai praktisi IT, sebagian besar referensi adalah dalam bahasa Inggris. Jadi, membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris, itu semudah membaca dan menulis dalam Bahasa Indonesia. Tapi kalo untuk mendengar dan bicara, aku masih kurang jauh. Makanya, aku merasa ini perlu ditingkatkan lagi dengan belajar dan latihan.
Dalam percakapan (conversation), indra yang bekerja adalah telinga untuk mendengar dan mulut untuk bicara. Dalam rangka melatih pendengaran inilah aku sering buka Youtube. Youtube memang luar biasa! Apa saja ada.
Video Youtube yang paling cocok dan sekarang-sekarang ini paling sering aku tonton adalah:
  • Film-film barat (khususnya Hollywood). contoh keyword untuk searching videonya adalah full movies.
  • Pidato. Contoh keywordnya adalah speach.
  • Talkshow, wawancara. Contoh keywordnya adalah talkshow, interview.
  • Video tentang latihan listening, contoh keywordnya adalah listening english practice. Dan video tentang latihan conversation, contoh keywordnya adalah english conversation practice.
  • Dan tentu saja, video apapun selama ada percakapan dalam bahasa Inggris.
Dialog di film, mungkin sangat susah banget untuk diikuti. Jadi, untuk level dasar/basic, harus dicari film yang dialognya tidak terlalu cepat, misalnya film kartun anak-anak. He…he… lucu kali ya, orang kayak aku masih nonton film kartun anak-anak. Lho, gak usah takut dibilang lucu, aku sih cuek aja waktu diketawain sama anak-anakku “Eh, ayah kok nontonnya film gituan ” .
Demikian juga video talkshow, pidato, dan wawancara. Mesti milih-milih yang ngomongnya lambat. Kalo yang ngomongnya cepat dan susah dipahami, ya buat apa ditonton
Nah, untuk video tentang belajar bahasa Inggris (listening dan conversation) meskipun disampaikan dalam bahasa Inggris oleh orang yang sehari-hari bicara pakai bahasa Inggris (English Native Speaker), penyampaiannya sangat jelas. Bicaranya pelan-pelan karena memang audience yang dituju adalah orang-orang yang sedang belajar bahasa Inggris. Video yang ini sangat cocok, recommended banget. Selain melatih listening, materi yang disampaikan memang benar-benar membimbing kita untuk menguasai listening dan conversation.
Bagaimana efektivitas belajar listening english dengan nonton video Youtube? Luar biasa! Aku merasakan improvement yang pesat banget. Sekarang aku sudah bisa menikmati film-film Hollywood tanpa teks/transcript/sub tittle. Memang tidak 100% mengerti semua kosakatanya, tapi paling tidak aku mengerti jalan ceritanya dan dialog-dialog intinya.
Yang aku ceritakan di atas adalah tentang belajar listening. Gimana dengan belajar bicaranya? Untuk bicara ya mesti praktek bicara. Bisa dimulai dengan bicara sama tembok he…he… Kalo lagi sendirian tidak ada orang yang melihat, aku sering bicara sendiri, pura-puranya ngomong sama orang lah  . Syukur-syukur punya kawan yang sedang sama-sama belajar, jadi bisa praktikin ngomong Inggrisnya. Dan, latihan yang paling ampuh tentu saja bicara langsung dengan native speaker (contohnya orang Inggris, Amerika, Australia, dan Kanada). Di mana menemukan native speaker ini? Cara paling gampang ya ikut les/training yang pengajarnya native speaker, misalnya les di English First (EF). Cara paling murah, di mana ketemu orang bule, ajak aja ngomong, tentu saja mesti mau memberanikan diri atau nekat  .
Kadang aku malu sama teman-teman di kantor. Mereka-mereka yang masih muda-muda, meskipun dengan tingkat pendidikan yang tidak lebih tinggi dari aku, mereka ini kemampuan bicara bahasa Inggrisnya bagus banget. Lantas aku mesti sadar, kenapa harus malu? Tidak ada kata terlambat dalam belajar. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Bagaimana dengan anda?

oce gan hehe semoga bermanfaat
Previous
Next Post »