cara membuka youtube yang di sensor

Para blogger saat ini sedang ramai-ramainya beropini masalah sensor internet di Indonesia. Jika opini masyarakat blogosphere ini tidak dihiraukan pemerintah, dan pada akhirnya pemerintah tetap menerapkan sensor, maka kini para blogger beramai-ramai menulis tentang bagaimana menyiasati sensor ini. Hehehe… peraturan dibuat untuk dilanggar.

Saya termasuk beruntung mendapatkan salah satu tip/trick dari seorang rekan, yaitu untuk membuka situs Youtube. Ternyata situs hosting clip video ini termasuk yang disensor oleh pemerintah Indonesia. Tapi tenang saja. Ada cara bukanya kok. Terima kasih untuk Bro Aries yang bersedia membaginya.
Pertama-tama, bukalah fasilitas penerjemah dari google di: www.google.com/translate. Kemudian masukkan URL youtube di bagian “Translate a Web Page”. Pilih translasi dari bahasa apa pun ke English. Setelah itu tekan tombol “Translate”. Taraaa… Youtube pun bisa kita nikmati lagi.

Membuka Youtube via Google
Memang lebih lambat dari biasanya jika kita mengaksesnya langsung. Tapi cukuplah mengobati luka kita akibat sensorhip internet Indonesia. Oh ya, cara ini juga berlaku untuk beberapa situs yang di-block.
Saya tidak tahu apakah pada akhirnya cara ini akan di-block juga. Tapi masak sih Google mau di-block juga? Ada cara lain untuk lewat belakang, yaitu dengan mengubah secondary DNS/Proxi. Caranya silakan simak di: “Unable To Access Youtube.com“.
Previous
Next Post »